Bisnis, Jualan, Dagang. I love it

Assalamu’alaikum. Hai hai dear…

Sedikit cerita serba serbi bisnis, jualan, dagang. Bagi yang ikut meramaikan dunia bisnis pasti ga asing dengan istilah produsen, agen, distributor, reseller, customer, online shop, offline shop atau toko.

:: Agen, distributor, reseller ::
Agen adalah kepanjangan tangan dari produsen. Mereka yang membantu sirkulasi barang dari produsen ke customer supaya lebih lancar. Target penjualan agen – reseller berbeda-beda sesuai dengan tingkatan. Semakin besar target, semakin lebar pula margin yang didapat oleh agen. Jadi seimbang ya. Kalau mau dapat margin besar, ambil dari tangan pertama (produsen) dengan kuota tertentu. Umumnya produsen menetapkan jumlah minimal pembelian barang. Pada level ini, agen – reseller, fokus pada marketing untuk memenuhi target penjualan. Barang dagang sudah disiapkan oleh produsen.

:: Produsen ::
Susah senang makin mantap di level produsen. Misalnya, saya ambil contoh usaha pakaian. Produsen bertanggung jawab  mulai dari memilih bahan, memilih model, menentukan pasar, memperhitungkan harga jual retail hingga margin untuk reseller, strategi promo, dan tentunya menampung respon dari customer. Mulai dari ide sampai teknis.

Menekan biaya bahan baku dan biaya produksi wajib diperhatikan oleh produsen agar barang yang diproduksinya terjangkau oleh konsumen. Memilih bahan berkualitas dengan harga minimal dan  memilih penjahit adalah PR bagi produsen. Tantangan tersendiri untuk menemukan penjahit yang pas. Pas di kualitas dan tentu pas di budget. Murah tapi ga murahan apalagi asal jadi. Semoga suatu saat bisa punya penjahit khusus yang kerja untuk brand sendiri. Aamiin.

Dari reseller jadi agen/distributor lalu produksi gamis sendiri. Alhamdulillah… Pelan-pelan naik tingkat. Sampai saat ini, saya keukeuh ga pakai bahan kaos. Padahal adem yah bahan kaos itu ^^ dan masih belajar mengedukasi customer memakai legging/training/daleman untuk pakaian warna-warna terang.

I love juaaalllaaaannnn.. ♡♡
Bukan untuk menandingi suami
Bukan karena uang jajan dari suami kurang
Melihat orang lain memakai apa yang kita produksi itu membahagiakan kakak…

Makasih partner jualan Eva Maulidah & suami
Makasih bapak negara Rama Apde uda mau nemenin cari bahan, ke tukang jahit, bantuin anter paket. I love yuuuuu~

YUK DAGANG !! mampir ya http://PakaiHijab.com 

khimar plain

khimar plain

@anyseptiani

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s