Complaint Handling Online Shop

Assalamu’alaikum

Salah satu hal mengerikan dari berjualan adalah menghadapi komplain pembeli. Benar ya? Apalagi kalau pembeli komplain sambil marah-marah. Ya ampun mengerikan! Langsung deh jantung berdetak 2 kali lebih cepat ūüėÄ

Bagi saya, komplain handling perlu banget dikuasai oleh para pedagang. Untuk teman-teman yang dibantu admin, perlu dibedakan antara admin terima order dengan admin complain (customer service). Pastikan komplain terlayani dengan baik. Jangan sampai ketika ada komplain dari pembeli, kita mengacuhkannya atau terbawa emosi. Alhasil satu calon pelanggan kabur, kapok belanja di toko kita.

Ingat ini ya¬†ūüĎȬ†market – calon pembeli – pembeli/customer – pelanggan.

Kenapa sih PELANGGAN itu penting?

Karena lebih mudah menjual barang kepada orang sudah tau kualitas. Kita ga perlu cape2 lagi menjelaskan dan meyakinkan. Ketika butuh, pelanggan akan menghubungi toko kita dengan sendirinya. Bukan hanya kualitas, tapi juga karena pelayanan yang diterimanya.

 TIPS MENGUBAH COMPLAIN JADI PELANGGAN 

1. Tarik napas dalam¬†ūüėė

Setelah membaca/mendengar complain, secepatnya tenangkan diri. Tarik napas dalam, duduk, minum, wudhu. Ga usah deg degan dear.. setelah tenang bisa kembali menanggapi komplain.

2. Tambahkan¬†‚ėļ¬†pada akhir kalimat.

Untuk penjual online lebih mudah ya menyembunyikan emosi. Cukup tambahkan¬†‚ėļ¬†di akhir kalimat. InsyaAllah suasana lebih nyaman. Untuk penjual offline harus belajar mengatur raut muka dan intonasi suara.

3. Dengarkan keluhan customer, tawarkan solusi.

Misal. Kesalahan ada di pihak ekspedisi, bantu tracing paket & buat pengaduan. Atau kesalahan pengiriman warna pesanan, tawarkan untuk ditukar dan ongkir ditanggung. Ga apa rugi dikit ya… kan niatnya mengubah pembeli jadi langganan. Tanggapi komplain dengan solusi dan kesabaran tingkat dewa. Bukan malah ikut marah2¬†ūüėö

4. Berikan gimmick/hadiah¬†ūüéĀ

Yak! Cara ini terbukti ampuh lho dear. Saat ada complain dan sudah ditemukan solusi. Beri hadiah untuk customer, contohnya berupa diskon atau free pin untuk pembelian selanjutnya.

Sekian tips dari¬†#pakaihijabcom¬†‚ėļ
Semoga bermanfaat.

Salam bahagia,
@anyseptiani

Advertisements

Aplikasi edit foto untuk olshop

APLIKASI EDIT FOTO UNTUK OLSHOP

hai mamak olshop, gimana dagangan hari ini?
saya doakan lancar jaya, berkah melimpah…

Kadang kita bingung ya mau ngedit foto tapi ga bisa corel, apalagi photoshop. Aduh mak, boro-boro kepegang si komputer. Baru ke dapur dikit aja, anak uda kejer nyariin emaknya.

Ok mari kita belajar edit foto yang sangaaatt simple. Cocok banget untuk mamak olshop dengan jadwal padat. Apa aja aplikasi yang saya pakai?

  1. PICSARTAplikasi ini bisa untuk membuat quote, kolase foto, blending, watermark. Komplit deh. Kekurangannya agak berat di hp.Contoh foto hasil edit menggunakan aplikasi PICSART:

    shirin dress

     

  2. SNAPSEED


    Aplikasi snapseed saya gunakan untuk cropping dan memberi watermark. Jadi pembeli bisa langsung tau kemana harus menghubungi jika ingin memesan produk.Contoh foto hasil edit menggunakan Snapseed :

 

Sekian aplikasi yang saya gunakan untuk kebutuhan editing foto @pakaihijabcom.

 

salaam,
@anyseptiani

Sarung Anak

Bismillah…

Usia 1 tahun anak harus diajar apa ya? ga hanya motorik, sensorinya, tetapi juga ruhiyahnya. MamaTuwin minta info kajian dan seminar parenting dong moms. Rasanya minim sekali pengetahuan tentang pengasuhan anak. Kalau ada info boleh ya WA mamaTuwin 085692305041. Makasih ūüôā

Okey, dimulai dengan browsing ya. keyword “Pendidikan anak 1 tahun”. Wah… ada sumber yang menyebutkan anak 1 tahun perlu dikenalkan dengan masjid. Sebenarnya anaktuwin sudah beberapa kali dibawa shalat fardhu ke masjid sama ayahtuwin, cuma yang terakhir ga kondusif. Riwil jadi mengganggu jamaah lain. Alhasil kami putuskan nanti dulu ya nak ikut ayah ke masjidnya. Tunggu sampai kalian bisa diajak komunikasi dengan baik.

Akhir-akhir ini Gibran dan Zaidan sudah mulai mengenal shalat. Kalau mamaTuwin gelar sajadah, langsung deh pada ngumpul dan “sujud”. Dengan gaya telungkup sambil bergumam “haoo”. Pintarnya… Jangan pipis di sajadah ya nak. puliisssssss…. *anaktuwin pakai diaper saat mau bobo malam saja.

Nah… balik ke pendidikan anak usia dini. MamaTuwin dan AyahTuwin mau menanamkan tauhid ke anaktuwin. Allah Maha Esa, tiada tuhan selain Dia. Tak ada dzat yang berhak disembah selain Allah. Tunjukkan ibu ayahnya rutin shalat, membaca al-qur’an, mendekat kepada Rabb dalam kesibukan apapun. Doakan istiqomah

Lagi browsing nyasar ke sarung anak deh.. loh, ada toh sarung untuk anak. Namanya sarung instan, jadi mirip celana ada karetnya gitu. Lucu amat, bagus untuk latihan shalat nih…

SARCELKO sarung celana peci koko

Sarung koko anak ini jadi media untuk pembelajaran anak. Semoga Gibran Zaidan bisa belajar sejak dini. aamiin.

Sarung koko anak salama ada 3 model moms, yaitu :
1. SARCELKO Sarung celana peci koko

SARCELKO

SARCELKO

2. SIRCIKO Sirwal (celana) Peci Koko

SIRCIKO

SIRCIKO

3. SARCIKO Sarung instan peci koko

SARCIKO

SARCIKO

Enaknya pilih yang mana ya? Sarcelko kya nya lucu nih. tampak depan sarung, tapi dipakai seperti celana karet… Cusssss pilih warna ^^

Kindly contact us for further information :’)
IG : PakaiHIJABCom
fanpage : PakaiHIJABCom
tokopedia : PakaiHIJABCom
shopee : PakaiHIJABCom
WA/SMS : +62856 9230 5041

salaam,
@anyseptiani

Jilbab Afra

Jilbab Afra menampilkan tema ‚ÄúSimple and Colorful‚ÄĚ jilbab untuk muslimah. Untuk muslimah yang ga mau ribet dengan pin, peniti, jarum pentul, boleh coba produk jilbab afra yuk..

mau lihat katalog? ke sini ya >> PakaiHIJABCom

Jilbab Afra

Jilbab Afra memiliki beberapa kategori produk dear

1.BERIA (Bergo Kaos jilbabAfra)
Jilbab instan dengan pet/topi berbahan kaos adeem, lembut, nyaman, tidak mudah berudul terdiri dari 7 pilihan ukuran dan 37 pilihan warna

BERIA Jilbab Afra

2. SYIFA (Syiria Kaos jilbabAfra)
Jilbab instan non pet berbahan kaos adeem, lembut, nyaman, tidak mudah berudul. Terdiri dari 7 pilihan ukuran dan 37 pilihan warna

SYIFA jilbab afra

3. SIERA (Segiempat jilbabAfra)
Terbuat dari bahan Wolvis pilihan, Adem, lembut, tidak menerawang, dan mudah dibentuk. Tersedia ukuran 120x120cm dengan 16 pilihan warna.

SIERA Jilbab Afra

4. PASHA (Pashmina jilbabAfra)
Terbuat dari bahan Wolvis terbaik di kelasnya, Adem, lembut, mudah dibentuk, tidak menerawang, dan tetap stylish. Tersedia 2 ukuran, dan 16 pilihan warna.

PASHA Jilbab Afra

5. PHITA (Pashmina Instan jilbabAfra)
Jilbab instan langsung pakai dari bahan Cerruty terbaik di kelasnya. No Pin Needed. Simple, yet Stylish. Tersedia 3 pilihan ukuran dan 12 pilihan warna.

PHITA Jilbab Afra

6. AMIRA (Bergo Antem jilbabAfra)
Jilbab instan dengan pet/topi anti tembem. Berbahan kaos adeem, lembut, nyaman, tidak mudah berudul Mterdiri dari 4 pilihan ukuran dan 16 pilihan warna.

AMIRA Jilbab Afra

7. KARINA (Khimar Renda jilbabAfra)
Khimar renda instan dengan bahan Premium Crepe (bukan ceruty crepe, tapi crepe yang biasa dipakai untuk dress-dress bagus kualitas di atas Wolly Crepe). Bahannya flowy atau jatuh, tidak nerawang, adem, lembut, nyaman dipakai. Cocok untuk hari raya, pesta, dan harian. Terdiri dari 2 pilihan ukuran dan 20 pilihan warna.

KARINA Jilbab Afra

8. SOFIYA (Softped Khimar by jilbabAfra)
Khimar Softped dengan bahan Wolly Crepe / Crepe HQ. Serat rapat tidak menerawang, lembut, nyaman dipakai. Fitur Softped agar PAS di wajah. Cocok untuk hari raya, pesta, dan harian. Jahit tepi, kecil dan rapih. Terdiri dari 15 pilihan warna cantiik. Semi instan jahit dagu, belah tengah agar bisa kreasi sesuka hati.

SOFIYA Jilbab Afra

Kindly contact us for detail information :’)
IG : PakaiHIJABCom
fanpage : PakaiHIJABCom
tokopedia : PakaiHIJABCom
shopee : PakaiHIJABCom
WA/SMS : +62856 9230 5041

Happy shopping sistaaa (/^.^)/